Ini Dia resep bolu gulung meranti Yang Mantap Abis

 Resep Bolu

Siapa yang tidak kenal dengan kelezatan bolu gulung meranti, makanan khas medan ini mampu mengambil hati masyarakat besar di Indonesia. Bagaiaman tidak, sekarang bolu gulung miranti sudah banyak  di jual di toko-toko kue di beberapa daerah di Indonesia, itu sudah membuktikan bahwa kelezatan bolu gulung miranti ini sangat disukai oleh banyak orang. Bagi kalian yang suka bolak-balik ke Medan pasti bolu gulung miranti ini tidak boleh kelewat dari daftar oleh-oleh kalian ya, karena kurang afdol kalo habis dari Medan enggak bawa bolu gulung untuk buah tangan. Akan tetapi gak semua orang ya bisa bolak-balik ke Medan, dan gak semua daerah punya toko kue yang menyediakan bolu gulung miranti disalah satu menu mereka. Nah, sebab itu alangkah baiknya kita membuatna sendiri dirumah, jadi bisa kapan pun kita memakan bolu gulung miranti yang sangat mantap itu.

Ini Dia resep bolu gulung meranti Yang Mantap Abis  dengan menggunakan resep ini kita akan menghasilkan bolu gulung miranti dengan rasa yang lebih mantap dibandingkan bolu miranti aslinya, tapi kalau belum coba kita belum tau ya, seperti apa rasa dari resep ini, maka dari itu setelah kalian membaca artikel resep ini jangan ragu lagi untuk langsung mencobanya. Yang pasati resep bolu gulung meranti yang mantap abis ini sangatlah mudah, dan bisa kita praktekan langsung dirumah. Mungkin untuk permulaan kita sedikit akan kesulitan mendapatkan bolu gulung miranti yang cantik, karena terkadang ketika di gulung kulit dari bolu gulung miranti ikut tertempel dikertas, tapi ya tidak apa, semua kan ada prosesnya. Yuk, langsung aja kita simak, bagaimana cara membuat bolu gulung miranti yang mantap abis.

Bahan-bahan

Loyang ukuran 24x24cm

  • 6 kuning telur
  • 3 putih telur
  • 75 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdm rum bakar atau 1 sdt vanila bubuk (boleh skip kalau telur segar n full butter)
  • 1/2 sdm air matang (optional)
  • 60 gr terigu segitiga
  • 5 gr maizena
  • 10 gr susu bubuk full cream
  • 75 gr mentega/margarine/mix cair (me: corman patisy)
  • Selai atau buttercream

 

Langkah:

 

Kocok telur dan gula dan garam sampai putih kental dan berjejak. Bisa juga putih telur dikocok dengan gula sampai soft peak, baru masukkan kuning telur sambil dimixer. Masukkan air sedikit2 sambil dimixer. Tambahkan rum bakar sambil kocok rata. Gunakan wadah yg lebar agar ntar mudah mengaduk tepung dan mentega cair. Yg metode putel dikocok lebih dulu ternyata lebih cepat mixernya dan stabil.

 

Ayak tepung diatas adonan telur sambil diaduk balik. Kalau suka boleh tambah 2-3 tetes pewarna kuning karena kalau pake putih telur segini biasanya kue agak pucat. Sebaiknya tidak pakai mixer,ntar adonan telur turun kan sayang. Soalnya ini ga pakai sp, jadinya kocokan. telur sangat ringan. Jangan khawatir tepung tidak teraduk. Ayak sedikit sedikit sambil aduk balik perlahan hingga rata. Proses mengaduk juga jangan kelamaan ya. Ntar adonan turun.

 

Tuang mentega cair sedikit2 sambil diaduk balik perlahan sampai rata. Jangan ada minyak yg ngendap,ntar bantet. Kalau pakai wadah yg tinggi dan sempit akan sangat menyulitkan. Saya sampai 2-3 agak bantat karena tidak teraduk sempurna. Ketahuannya pas nuang adonan ke loyang. Udah coba aduk dlm loyang pun ya rada bantat.Pakai baskom yg pendek lebar ternyata sangat membantu.

 

Tuang ke loyang 24x 24 cm yg sudah dialas kertas roti. (mau loyang ukuran 25cm atau 26cm juga bisa. Soalnya bolgul saya agak gendut jadinya) Kalau kertasnya mau dioles mentega, tipis2 saja, kalau terlalu tebal, ntar kuenya bantet. Hentakkan loyang beberapa kali untuk menghilangkan gelembung besar.

 

Panggang di oven yg sudah dipanaskan. Saya pake oven gas. Suhu terbaca 200 derajat. Setelah 15 menit pinggir mulai coklat saya pindah ke api atas. Kalau oven listrik baiknya api atas bawah sekaligus. Kenali oven masing-masing ya.

 

Kalau kulit udah coklat, angkat. Banting beberapa kali agar kue tidak banyak menciut. Balik ke kertas baking yg mengandung silikon. Kertasnya anti lengket n lebih kokoh. Kalau kertas baking biasa kulit bolu bakalan lengket n kertasnya sendiri bakalan basah. Kupas kertas alasnya. (kalau alasnya crust coklat gini tanda matang sempurna dan mudah sekali ngupas kertasnya biarpun ga dioles mentega)Oles selai sesuai selera. Saya pakai selai nanas homemade krn nanas murah meriah disini.

 

Gulung sambil dipadatkan. Kalau udah set. Buka kertasnya(kertasnya bisa bilas air dan dipakai ulang setelah kering). Potong pake pisau tajam.

 

Saya coba buat di loyang ukuran 25×30. Terus kue dibelah 2 dijadikan 2 gulungan sedang. Oke banget.

 

Mudah kan membuat bolu miranti sendiri ? Ini Dia resep bolu gulung meranti Yang Mantap Abis resep yang cukup sederhana dan langsung bisa kita coba sendiri dirumah. Saya memiliki beberapa tips nih saat ingin menggulung bolu gulung mirantinya. Tipsnya adalah pastikan dulu bahwa bolu gulung miranti sudah dingin, dan harus  dapat kita pasatikan juga apakah kulit dari bolu miranti sudah kering atau belum, karena jika kulitnya belum kering maka saat digulung kulitnya akan menempel di kertas dan akan hancurlah tampilan dari bulu gulung mirani. Jika isiannyaa adalah buttercream atau coklat kita bisa menggulungnya selagi dingin agar ketika digulung isi dari bolu gulung miranti tidak berceceran keluar, jika isiannya hanya selai bisa digulung ketika hangat. Memang si bagian paling sulit dari membuat sebuah bolu gulung miranti adalah ketika bagian mengggulungnya,kita jugabisa loh menggunakan serbet bersih untuk menggulung bolu gulung miranti. Untuk membuat bolu gulung miranti pun sebenarnya kita tidak perlu menggunakan backig pouder yang banyak, hanya tidak cukup memasatikan telur yang kita pakai benar-benar bersih dan fresh, agar bolu gulung miranti kita dapat mengembang dengan baik. Selamat mencoba ya! Jangan lupa bagikan resep ini kepada teman-teman yang lain.

Author: 

Related Posts